FORUM 99RATIZ ONLINE

THINK BIG IF YOU WANT TO BE BIG
 
IndeksPortalCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 CHINA BANGUN SUPERKOMPUTER

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin


Jumlah posting : 63
Join date : 10.01.12
Age : 4
Lokasi : http://99ratiz.blogspot.com

PostSubyek: CHINA BANGUN SUPERKOMPUTER   Fri Jan 13, 2012 12:21 am

Apa yang telah dilakukan cHina patut dianjungi jepol, bahkan negara adidaya seperti amerika sampai kaget dengan pengumuman cHina yang membangun super komputer.



China telah berhasil membangun super komputer pertama berbasis chip mikroprosesor buatan China sendiri. Hal ini akan mengejutkan Amerika Serikat sebagai spesialis komputasi berkinerja tinggi. Pengumuman kehadiran super komputer ini disampaikan oleh organisasi industri dan pemerintah China di Jinan, China, Minggu (30/10/2011).

Mesin baru yang dinamakan The Sunway Bluelight MPP, telah di-install September 2011 pada sistem superkomputer nasional China di Jinan, ibukota provinsi Shandong di China Timur. Sunway System dapat melakukan 1000 triliun kalkulasi per detik, yang menjadikan superkomputer ini masuk ke dalam 20 besar komputer tercepat di dunia. Yang lebih penting lagi adalah superkomputer ini terdiri dari 8700 mikroposesor Shenwei (SW1600). Mikroprosesor ini dirancang di sebuah lembaga komputer di China dan diproduksi di Shanghai.

"Ini adalah sedikit kejutan," ujar Dr. Jack Dongarra, seorang ilmuwan komputer di University of Tennessee dan pemimpin proyek daftar komputer tercepat di dunia, TOP500.

Musim gugur lalu, China sempat mempublikasikan superkomputer yang berbasis di China, yakni Tianhe-1A dan komputer K. Namun, Tianhe dibangun dari chip prosesor yang dibuat oleh perusahaan Amerika, yakni Intel dan Nvidia, meskipun sistem switching internalnya dirancang oleh insinyur China. Begitu pula dengan komputer K buatan Fujitsu, dirancang dengan chip Sparc dan awal rancangannya dimulai di Sun Mycrosystems di Silicon Valley.

Dr. Dongarra mengatakan, secara teoritis kinerja puncak Sunway lebih cepat 74 persen dari superkomputer tercepat Amerika Serikat - Jaguar yang dikembangkan Laboratorium Nasional Departemen Energi di Oak Ridge. Superkomputer yang dibuat oleh Cray Inc itu tercatat sebagai mesin tercepat ketiga di dunia.

Untuk membangun superkomputer dari komponen yang ada, memerlukan sejumlah besar listrik, kira-kira jumlahnya setara dengan pembangkit listrik tenaga nuklir ukuran sedang. Namun, Dr. Dongarra mengatakan persyaratan daya dari superkomputer China yang baru relatif kecil, hanya sekitar 1 Megawatt, menurut laporan teknisi. Sedangkan superkomputer Tianhe mngkonsumsi sekitar 4 Megawatt dan superkomputer Jaguar sekitar 7 Megawatt.

Menurut beberapa ahli superkomputer Amerika Serikat, mikroprosesor Shenwei tampaknya didasarkan pada beberapa prinsip-prinsip desain yang sama dengan mikroprosesor Intel. Namun, teknologi pendingin mesin yang dimiliki Sunway masih diragukan kesesuaiannya dengan kelas superkomputer masa depan.

Foto superkomputer Sunway kemudian menjawab pertanyaan tersebut. Foto menunjukkan sistem pendinginan air yang merupakan kemajuan signifikan dalam desain mesin. "Ini memberitahu saya bahwa superkomputer ini memiliki desain yang serius. Desain ini merupakan skala yang tepat untuk exaflop superkomputer. China bisa menang dalam hal ini," ungkap Steven Wallach, kepala ilmuwan Convey Komputer, yang juga pernah mengembangkan superkomputer.

sumber

_________________
99ratiz.indonesianforum.net
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://99ratiz.indonesianforum.net
 
CHINA BANGUN SUPERKOMPUTER
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Asal Muasal Warga China Benteng Tangerang
» Dapur Para Kanibal
» RI Jadi Pasar Laptop Terbesar di Asia Tenggara
» Cara Membiasakan Diri Bangun Pagi
» Miliarder Bangun Rumah Termahal

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FORUM 99RATIZ ONLINE :: ILMU DAN TEKNOLOGI :: Free Hardware-
Navigasi: